Memperingati HUT RI ke-74 Melalui Simaa’an al-Quran

Ada banyak cara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia. Yang paling umum dan formal adalah upacara pengibaran bendera tepat pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya. Sebagai lembaga pendidikan Pondok Pesantren Tahfizh al-Quran, PPTQ Imam Ashim, pun melaksanakan Upacara pengibaran bendera merah putih pada 17 Agustus 2019, pagi.

Selain Upacara pengibaran bendera merah putih, PPTQ al-Imam Ashim juga mengadakan Simaa’an al-Quran PPTQ al-Imam Ashim (Semaan) yang dimulai sejak malam tanggal 17 Agustus 2019.  Simaa’an al-Quran adalah istilah pada kegiatan mendengarkan hapalan al-Quran dari sejumlah orang yang membaca al-Quran dengan cara menghafalnya.

Acara Simaa’an al-Quran PPTQ al-Imam Ashim dilaksanakan di tiga titik secara bersamaan, yaitu kampus I Tidung Mariolo, Kampus II dan Kampus Putri Skarda. Pembaca dengan menghapal dilaksanakan oleh pembina dan penyimak oleh para santri PPTQ al-Imam Ashim.

Adapun para pembaca (dengan menghapal) adalah sebagai berikut:

Juz 1: Raihan adiputra
Juz 2: Raihan Fahrezi
Juz 3: Yusuf Lahamuddin
Juz 4: Fadhil Ramadhan
Juz 5: Lutfi BR
Juz 6: Aminul Mukminin
Juz 7: Rizkiullah
Juz 8: Yusuf Habibi
Juz 9: Mahmud
Juz 10: Ahmad Mutawakkil
Juz 11: Ust Syarif
Juz 12: Ust Syarif
Juz 13: Ust Syarif
Juz 14: Ust Syarif
Juz 15: Ust Humaidi Ali
Juz 16: Ust Humaidi Ali
Juz 17: Ust Bahrul Ngulum
Juz 18: Ust Husein
Juz 19: Ust Jabal Nur
Juz 20: Ust Jabal Nur
Juz 21: Ust Muharram
Juz 22: Ust Muharram
Juz 23: Ust Muharram
Juz 24: Ust Muharram
Juz 25: Ust Zainal
Juz 26: Ust Zainal
Juz 27: Ust Hizbullah
Juz 28: Ust Hizbullah
Juz 29: Ust Azhar
Juz 30: Ust Azhar

Menurut kordinator acara, “Simaa’an al-Quran ini, selain dalam rangka memperingati HUT RI ke-74 tahun 2019, acara Simaa’an al-Quran PPTQ al-Imam Ashim ini bertujuan menjaga hapalan sekaligus menjaga tradisi yang sudah lama berkembang di pondok pesantren NU.”

Comments
Loading...