Tentang Pondok

Pondok Pesantren Tahfizhul Quran al-Imam Ashim Makassar merupakan lembaga pendidikan Islam yang berada di bawah naungan Yayasan al-Imam Ashim. Dalam usianya yang relatif muda berkat semangat dan kerja keras yang tidak mengenal lelah oleh seluruh warganya, kini telah menunjukkan diri sebagai lembaga pendidikan Islam yang tradisional.

Pondok Pesantren Tahfizhul Quran al-Imam Ashim Makassar bercorak salafiyah dan juga modern. Artinya dari segi pembelajaran, ada kaidah yang mengatakan bahwa mempertahankan tradisi yang lama dan mengambil yang terbaru namun, pula yang baik-baik saja. Seperti pembelajaran bahasa Inggris, IPA dan pelajaran yang umum. Dan juga dari segi fisik bangunan, yang didesain corak modern. Penggabungan unsur salafiyah dan modern.

Seiring berjalannya waktu, tahun 2012 Pondok Pesantren Tahfizhul Quran al-Imam Ashim Makassar mengembangkan diri dengan membentuk MTs Tahfizhul Quran al-Imam Ashim Makassar, demi memajukan kualitas santri yang Insya Allah tidak hanya mampu menghafal al- Quran 30 Juz akan tetapi juga mampu menguasai ilmu-ilmu agama lainnya dan ilmu-ilmu umum yang diajarkan di sekolah-sekolah SMP.

Pondok Pesantren Tahfizhul Quran al-Imam Ashim memiliki empat bidang kepengurusan yaitu bidang ta’lim (pendidikan), tahfizh, kesantrian, dan bidang bakat dan minat.

  1. Bidang ta’lim membawahi empat bagian yaitu; TPA (Taman Pendidikan al-Quran), Salafiyah, yaitu tahfizh murni yang tidak sekolah sama sekali, hanya menghafal saja, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah: tahfizh yang sekolah sekaligus menghafal.
  2. Bidang tahfizh, yaitu bidang tahfizh adalah bidang yang menangani perkembangan tahfizh dari nol.
  3. Bidang Kesantrian, Menangani seputar kesantrian, misalnya izin keluar masuknya santri.
  4. Bidang Bakat dan Minat, yaitu mimilih santri yang berprestasi untuk ikut dalam perlombaan dan sebagai wadah untuk mengasah kemampuan santri.

Dengan keterbatasan fasilitas sarana dan prasarana namun tidak akan mengurangi nilai kualitas santri dan guru di madrasah. Pondok Pesantren Tahfizhul Quran Al-Imam Ashim Makassar yang berlokasi di Tamangapa Kelurahan Bangkala Kecamatan Manggala Makassar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.